Cek and Ricek Sebelum Syuting

Sebelum ada pengambilan gamabar yang sukses, selalu ada perencanaan dari saya sebagai juru kamera. Saya ingin tahu apa yang akan saya syuting dan dimana lokasi akan melakukan pengambilan gambar. Semakin banyak informasi yang saya miliki, saya bisa lebih siap dan menghemat waktu dan menentukan gambar terbaik. Cobalah untuk mendapatkan garis besar pengambilan gambar yang dibutuhkan atau papan cerita (stoory board) juga lebih bagus.
Begitu saya telah menemukan gambar apa yang saya butuhkan, kemudian saya mulai memikirkan peralatan apa yang Anda butuhkan untuk mendapatkan gambar itu. Bahkan jika pengambilan gambar terlihat sangat sederhana dan mungkin memerlukan pengambilan gambar tanpa atau menggunakan tripod, saya tetap selalu merencanakan ke depan. ketika saya akan menggunakan tripod, saya memutuskan antara setup tripod yang ringan untuk berlari dan mengambil gambar atau tripod yang beratnya standart untuk syuting lainnya.

Jadi apa cara terbaik untuk menentukan peralatan apa yang akan Anda butuhkan?

Salah satu cara terbaik adalah Anda siap memiliki semua perlengkapan yang diperlukan untuk pengambilan gambar adalah dengan melakukan survey lokasi sebelum pengambilan gambar untuk mencari tahu jenis lampu yang Anda perlukan dan juga peralatan lainnya. 


Perlengkapan berguna lainnya ada pada syuting apapun
Untuk setiap syuting, saya selalu membawa sejumlah diffusers dan reflektor dari berbagai ukuran juga dengan tiang untung menaruh barang tersebut, Ini harganya murah tapi sangat berguna. 
Memeriksa kembali sebelum syuting
Sebelum syuting saya mengatur segalanya dan memastikan saya sudah memeriksa semuanya. Saya menyesuaikan backfocus dari lensa. Saya juga cek kamera setup dan bekerja seperti yang diharapkan. Dengan kebanyakan kamera, sekarang ada beragam codec dan resolusi yang sangat beragam. Pastikan Anda telah menyetel kamera Anda ke pengaturan terbaik atau pilihan (oleh editor produksi produksi).
Bahkan jika Anda memiliki semua peralatan yang Anda gunakan, ada baiknya memeriksa secara berkala hal-hal ini daripada anda medapatkan kamera tidak berfungsi seperti yang diharapkan. Sangat mudah untuk malas jika itu alat Anda sendiri dan hanya menganggap itu semua baik-baik saja. Jika Anda menyewa kamera, normalnya anda harus mengarahkan kamera ke atas (di test bay) untuk memeriksanya sebelum mengambilnya. Tes seperti ini sangat penting dilakukan dengan baik dan ini memberi Anda kesempatan untuk mengatur semuanya persis seperti pada waktu pengambilan gambar dan tekanan pada syuting di siang hari.
Saat pengambilan gambar
Saat tiba waktunya untuk membongkar perlengkapan. Saya  lebih baik membongkar semua peralatan ketika sampai di lokasi syuting dan membawa semua peralatan tersebut daripada harus berhenti pergi ke mobil lagi, membuka kunci, membongkar, mengunci dan kembali ke waktu yang ditentukan. 
Pada akhir syuting sudah waktunya mengepak kembali semua perlengkapan. Sangat penting untuk tidak terburu-buru pada saat ini. Jangan seperti orang lain, aku ingin pulang secepat mungkin. Tapi penting untuk mengemasi peralatan dengan hati-hati dan benar. Hal ini akan sangat menyebalkan daripada saat anda memulai persiapan untuk pengambilan gambar berikutnya sehingga ada sesuatu yang rusak atau hilang karena Anda terburu buru berkemas pada akhir pengambilan gambar sebelumnya.
Setelah Anda mengemasi semuanya jangan lupa untuk melakukan yang terakhir berjalan kembali melalui semua lokasi yang telah Anda masuki untuk memastikan Anda tidak melupakan sesuatu di lokasi tersebut
Safety Tip
Jika Anda membawa barang-barang berat dan perlengkapan video lainnya di dalam mobil pastikan di taruh di bawah bagian atas tempat duduk mobil anda. Alasannya untuk melakukan hal ini adalah bahwa Anda tidak ingin peralatan semuanya terbang ke depan dan memukul Anda jika terjadi kecelakaan mobil. Pilihan terbaik adalah memiliki kendaraan dengan penghalang kargo atau penahan baja kuat antara bagian kargo dan bagian penumpang.

No comments:

Jakarta - Bandung Cuma 35 Menit..!! di Kecepatan 350 km/jam

Beberapa hari lalu saya berkesempatan untuk ikut dalam uji coba kereta api cepat Jakarta - Bandung dengan kecepatan 350km/jam. saya mendapat...

Powered by Blogger.