Jakarta - Bandung Cuma 35 Menit..!! di Kecepatan 350 km/jam


Beberapa hari lalu saya berkesempatan untuk ikut dalam uji coba kereta api cepat Jakarta - Bandung dengan kecepatan 350km/jam. saya mendapatkan undangan dari KCIC untuk melakukan uji coba ini bersama dengan menko marvest dan kemenhub, dan memang ini sangat terbatas sekali mengingat banyak juga dari pihdak vendor yang ikut juga dalam uji coba ini.

kesan pertama saya dengan kereta ini adalah bahagia sekali, karena ini kereta cepat pertama di indonesia. ya walaupun agak sedikit was was karena ini uji coba dengan kecepatan tinggi, namu yang membuat saya tenang adalah saya bersama dengan Bapak Luhut Binsar dan Bapak Budi Karya Lubis dan bapak Ridwan kamil juga turut hadir hehehe... (sedikit tenang lah ya...)


Pertama kali masuk kereta ini saya sangat takjub sekali karena seperti kita memasuki kabin pesawat terbang, ya walaupun ini kereta inspeksi tapi ini mewah sekali. Nantinya bangku nya juga akan sama seperti pesawat dan tentunya AC nya juga dingin menggigil. lanjut ke fasilitasnya di kereta yang saya naikin terdapat juga 2 toilet yaitu toilet besar dan kecil, uniknya toilet yang besarnya luas banget dan membukanya cukup tinggal pencet tombol seperti kita naik lift. Sedangkan toilet yang kecilnya seperti toilet di pesawat terbang, lalu juga terdapat tempat bagasi untuk kita menaruh tas yang besar tepat di sebrang toiletnya dana ada ruang khusu juga untuk menaruh bagasi.


Setelah kereta berjalan awal sangat mulus sekali tidak ada rasa kita tertarik kebelakang, namun saat kertea mulai menuju kecepatan maksmimal muali terasa sedikit terikan ke belakang kita namun masih sangat halus tidak seperti kita naik kereta pada umumnya. Di kecepatan 160 - 300 km/jam di tempuh dengan waktu yang singkat dan saya juga jurnalis yang lainnya mencoba yang sedang viral di kereta cepat ya itu mencoba untuk berdikitan koin Rp.500 dan juga air minum botol untuk mengetes getaran yang di hasilkan dan berhasil berdiri tegak di koin uang Rp.500. 


Kereta terus melaju hingga mencapai kecepatan 356 km/jam dan kondisi kereta masih sangat nyaman dan stabil, saya juga mendapatkan info bahwa sebenarnya keretea ini bisa mencapai 385 km/jam, namun untuk keselamatan penumpang di batasi hanya sampai 350 km/jam saja. buat saya segitu aja udah cepet banget gimana 385 km/jam. Dibandingkan dengan naik mobil kita harus macet macet di Tol.


Tak lama memang koin tersebut sempat jatuh karena posisi kereta sedikit miring waktu di jalur yang berbelok namun kemiringan ini bagi kita sangat minim tidak terlalu berasa, dan koin juga jatuh saat masuk didalam terowongan mungkin di karenakan adanya pantulan balik dari angin yang di hasilkan oleh kecepatan kereta ini namun kembali lagi ini tidak terlalu berasa di kita cuma sama koin doang berasanya hihihihi...



karena menikmati perjalanan ini saya pun tak berasa sudah sampai di Stasiun kereta Cepat Padalarang dengan waktu 25 menit saja, sempat berhenti sebentar karena Bapak Mentri sedang meninjau perbangunan di Stasiun ini kemudian lanjut lagi menuju ke Stasiun TegalLuar sekitar 10-15 menit saja. Disini saya sempat bertanaya nanti orang orang sampai sini ke Bandung Kotanya naik apa ya. Tapi Pihak KCIC menyebutkan akan ada Shuttle yang terintregasi dengan Kerte Cepat Ini.


Suasana di Stasiun Keretea Cepat Tegalluar ini sangat bagus sekali kita seperti berada di luar negeri, sangat besar dan rapih cuma yang agak saya sesali adalah tangganya sangat tinggi sekali setelah keluar kereta untuk menuju lobi stasiun, walau pun nanti ada eskalator juga sih.


Sampai Saat ini Belum Diketahui berapa harga tiket yang akan diberlakukan untuk keretea cepat Jakarta - Bandung ini. Namun ini akan bisa di naiki untuk Umum pada tanggal 18 Agustus 2023 Sebagai hadiah untuk Ulang tahun Republik Indonesia.


Beredar bocorannya sih tiketnya nanti kisaran 250rb - 350rb, tapi ini kan masih dikasji lagi sama pihak Kereta cepatnya.


sekian dulu cerita saya menguji kecepatan kereta cepat Jakarta _ Bandung cuma 35 Menit saja. 



No comments:

Jakarta - Bandung Cuma 35 Menit..!! di Kecepatan 350 km/jam

Beberapa hari lalu saya berkesempatan untuk ikut dalam uji coba kereta api cepat Jakarta - Bandung dengan kecepatan 350km/jam. saya mendapat...

Powered by Blogger.